Minggu, 18 November 2018

5 Pasukan Elite Indonesia


    Hai teman – teman, kali ini saya ingin memberikan info mengenai pasukan elite apa saja yamg ada di negara kita yaitu Indonesia. Dan pasukan – pasukan elite tersebut telah diakui keberadaan nya oleh Dunia lohh. Oke berikut merupakan pasukan Elite yang ada di Indonesia.



 1.  Kopassus

Kopassus atau Komando Pasukan Khusus merupakan Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Satuan dalam Kopassus dibagi menjadi 5 grup yaitu:
           ·         Grup 1/para Komando : Berlokasi di Serang,Banten
           ·         Grup 2/para Komando : Berlokasi di Kartasura,Jawa Tengah
  • Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus : berlokasi di BatujajarJawa Barat
  • Grup 3/Sandhi Yudha - berlokasi di CijantungJakarta Timur
  • Satuan 81/Penanggulangan Teror - berlokasi di CijantungJakarta Timur
 2.  Kopaska

Kopaska atau Komando Pasukan Katak didirikan pada tanggal 31 Maret 1962, oleh Presiden Sukarno. Tugas utama Kopaska adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai, dan operasi pendaratan kekuatan amfibi. Kopaska terbagi manjadi Tiga Komando, yaitu:
     ·         Satuan Komando Pasukan Katak Armada I     : di Pondok Dayung, Jakarta Utara
     ·         Satuan Komando Pasukan Katak Armada II    : di Surabaya
     ·          Satuan Komando Pasukan Katak Armada III : di Sorong
 3.  Paskhas


Paskhas atau Korps Pasukan Khas, merupakan pasukan Khusus yang dimiiki oleh TNI AU (Angkayan Udara). Paskhas merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat.  Paskhas mempunyai Ciri Khas tugas tambahan yang tidak dimiliki oleh pasukan lain yaitu Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD) yaitu merebut dan mempertahankan pangkalan dan untuk selanjutnya menyiapkan pendaratan pesawat dan penerjunan pasukan kawan.
 4.  Denjaka
Denjaka atau Detasemen Jalamangkara adalah satuan gabungan antara personel Kopaska dan Taifib Korps Marinir TNI-AL. Anggota Denjaka dididik di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, dan harus menyelesaikan suatu pendidikan yang disebut PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Lama pendidikan ini adalah 6 bulan. Denjaka dikhususkan untuk satuan anti teror walaupun mereka juga bisa dioperasikan di mana saja terutama anti teror aspek laut.
 5.  Tontaipur
Tontaipur atau Peleton Intai Tempur merupakan pasukan berkualifikasi intelijen tempur Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat pembinaan satuan berada di Batalyon Intelijen Kostrad dan dalam pengoperasian dibawah kendali Panglima Kostrad yang berkemampuan tri matra. Anggotanya direkrut dari satuan-satuan yang berdinas di Kostrad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar